Popular Posts

Posted by : Unknown Senin, 19 November 2012

oleh: M. Kholid Muslih, MA
-Ketua Umum ICMI Orsat Cairo-
dalam buku IBADAH HATI

"Nenek moyang kita dulu dicipta dan menetap di surga, lalu diusir karena kesalahan, tidakkah kita rindu untuk kembali ke negeri asal?" (Imam al_junaidi)

Semua makhluk yang hidup di perantauan selalu merindukan kampung halaman. rindu untuk kembali ke tanah kelahiran; tempat dulu dibesarkan. rindu untuk kembali ke negeri asal.
negeri asal kita adalah surga, karena di situlah dulu nenek moyang kita (Nabi Adam As), dicipta dan menetap. setelah diusir karena kesalahn, Beliau dan anak cucunya melakukan pengembaraan dan hidup sebagi pelancong di negeri ini, dengan membawa rindu yang membara bagai sekam untuk kembali ke negeri asal.
seperti halnya ikan salmon, upaya kembali ke negeri asal ini memang tidak mudah, penuh dengan tantangan dan rintangan, dilingkupi berbagai rayuan dan godaan, sehingga perjalanannya menjadi tidak meneyenangkan, sebagaimana yang diisyaratkan  oleh Imam Muslim dari sahabat Anas bin malik "Surga itu dilingkupi oleh hal-hal yang tdak menyenagkan, sementara neraka dilingkupi oleh hawa nafsu"
oleh karena itu, perjalan dan cita-cita besar ini membutuhkan tekad besar serta bekal yang meadai. bekal utamanya adlah kebersihan jiwa dan kesucian hati.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Adventure of Green Lover - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -